February 20th, 2017   Berita Terbaru Add New

5e4709dd-f0af-4a88-8856-76868f4ca8aa

Tribratanewspolresmagelang.com, MUNGKID – Kapolres Magelang telah memimpin rapat lintas sektoral dalam rangka penertiban Penambangan Material Golongan C terutama yang menggunakan alat berat dan belum berizin bertempat di Aula Polres Magelang, Senin, 20/2/2017.

a692cc6d-1dde-4344-a600-01536a5faa16Rakor tersebut di ikuti oleh Dandim 0705 Magelang , Bupati Magelang yang diwakili oleh Ka Satpol PP etua DPRD, ESDM Prov Jateng,Krimsus Polda Jateng , TNGM (Taman Nasional Gunung Merapi) , BBWSSO (Balai Besar Wilayah Sungai Serayu & Opak) Yogyakarta ,.Wakapolres Magelang Kompol Heru Budiharto, SIK. MIK, Para Kabag, Kasat, Kapolsek & Kanit  Reskrim serta Kanit Intelkam jajaran Polres Magelang, ,SKPD Kabupaten Magelang.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyatukan misi dan bersinergi antar instansi terkait dalam penertiban pertambangan mineal bahan galian C di wiayah Kabupaten Magelang, Saat ini Polri sudah melaksanakan penindakan kepada penambang ilegal maupun truk muatan galian C yang tidak sesuai aturan, namun apabila penindakan dari Polri tersebut tidak  disertai dengan regulasi aturan dari  Pemda Kabupaten  Magelang maka akan sangat riskan penindakan tersebut hanya akan berlangsung sementara,”  Ujar Kapolres Magelang  AKBP Hindarsono,SH.SIK,M.Hum.

Sedangkan Dandin 0705 Magelang Letnan Kolonel Hendra Purwanasari, S.Sos, mengatakan Kodim 0705 Magelang akan bersinergi dengan instansi berwenang untuk membantu penyelesaian permasalahan penambangan galian C di wilalah Kabupaten  Magelang, dan Jangan ada backing untuk penambangan galian C, baik itu dari anggota Kodim, Polri maupun dari instansi yang lain, dan terimakasih kepada Polres yang telah mefasilitasi pertemuan ini guna menyatukan presepsi dalam penanganan Penambangan yang ada di wilayah magelang,  Katanya.

Kemudian Ketua DPRD Saryan Adiyanto, SE mengatakan guna Penindakan penambangan galian C di kawasan Merapi oleh Polres Magelang, Kodim dan Satpol PP harus disertai dengan peraturan yang jelas dan tegas dari Pemda, karena apabila hanya tindakan tegas dari aparat yang tidak disertai dengan peraturan maka akan muncul penambangan serupa dikemudian hari.

Pemda jangan menggantung ijin lingkungan, hal tersebut merupakan awal mula munculnya penambangan liar, saat ini ada 3 ijin yang sudah turun dari provinsi & sudah samapai Pemda, namun belum turun ijin lingkungannya, berikan kepastian kepada penambang baik untuk pengusaha maupun masyarakat, untuk di wilayah TNGM dikawasan kali putih boleh ditambang dengan cara manual yang berijin, Pemda harus mempunyai solusi untuk penambang manual misalnya dengan membuat wilayah penambangan manual/penambangan rakyat sesuai dengan tata ruang.

Pemda Kabupaten Magelang menerima retribusi dari tambang sebesar 13 Milyar setiap tahun, secara tidak langsung Pemda Kabupaten Magelang melegalkan pertambangan, pendapatan dari retribusi sebesar 13 Milyar sangat tidak seimbang dengan pembangunan insfrastuktur dikawasan Merapi yang saat ini masih minim sekali, ujar Saryanto.

Selanjutnya Kabag Ops Polres Magelang Kompol Ngadiso ketika menyampaikan paparan mengatakan bahwa Wilayah penambangan di wilayah Kabupaten  Magelang berada di 3 Kecamatan yaitu Sawangan, Dukun dan Srumbung, dari tiga kecamatan tersebut ada 12 titik penambanan dengan alat berat begho tanpa izin,dengan adanya langkah langkah penindakan dari aparat sehingga saat ini semua penambang berhenti.

Pada bulan Januari – Februari 2017 petugas berhasil menindak truk muatan galian C sebanyak 675 tilang dengan barang bukti 49 Kendaraan bermotor , 483 STNK, 142 SIM, 1 KIR.

Banyaknya pelanggaran ini Pempropinsi untuk segera memberikan kejelasan kepada pemohon yang telah mengajukan ijin tambang, dan Aparat berwenang agar tegas dalam melakukan pengawasan terhadap pertambangan galian C, lakuka pembinaan terhadap penambang secara berkala, dan penambang yang melanggar akan ditindak tegas tanpa pandang bulu..

Penulis : Wahyu Humas Res Magelang.

  • Berita Terkait

  • Leave a Reply



  • Pejabat Teras

  • Sosial Media




  • Artikel Terbaru

  • PETA

  • HUBUNGI KAMI

    POLRES MAGELANG
    Jl. Soekarno Hatta (Jl. Letnan Tukiyat) No. 7
    Kota Mungkid Magelang.
    Polres Magelang.
    No Telepon (0293) 788787
  • STATISTIK PENGUNJUNG

    • 0
    • 188
    • 272
    • 3,257
    • 14,603