February 2nd, 2017   Berita Terbaru Add New

322d9ab0-3192-430b-9e8f-7eaf3c37c2a0

Tribaratnewspolresmagelang.com – Hujan yang mengguyur seharian di wilayah Magelang mengakibatkan beberapa wilayah masing masing Sawangan, Muntilan, Borobudur dan Kajoran terjadi bencana tanah longsor, yang mengakibatkan beberapa aset jalan tertutup tanah longsoran dan bangunan rumah mengalami kerusakan,Rabu,1/2/2017.

Di wilayah Sawangan Magelang Sekitar pukul 20.15 wib terjadi di dua lokasi masing masing di Dusun Windu Sabrang  Desa Wonolelo sebuah banguan talut sepanjang 10 meter dan tinggi 4 meter  longsor menimpa Rumah dan Dapur, Kamar Kecil dan Kandang serta mengakibatkan Mufida (10th) terluka kena longsoran.

Masih di wilayah Sawangan waktu hapir bersamaan  di Dusun Gintung Desa Ketep Tebing longsor dan menutup aset jalan Magelang Boyolali putus tertutup tanah longsoran, dalam hal ini tidak meregut korban jiwa dan jalur kenddaraan untuk sementara di alihkan melalui jalan tembus sengi dan jrakah, jelas AKP Supriyono Kapolsek Sawangan.

Di Borobudur juga terjadi tanah longsor dekat dengan pemukiman penduduk  tepatnya ikut Dusun Jombor rt 02/rw 02 Ds.Giripurno Kecamatan Borobudur dengan tinggi tebing lebih kurang  10 meter, lebar 30 m, tebal 3 m, mengakibatkan menimpa 3 rumah milik warga Dusun.Jombor rt 02/rw 02, DusunGiripurno,Kecamatan Borobudur, Keterangan Kapolsek Borobudur AKP Didik Sulaiman, SIK.

Sedangkan di Muntilan akibat Hujan deras seharain sungai keji yang meisahkan Desa Muntilan dan Pucung rejo juga mengalami banjir, kejadian tersebut mengakibatkan sebuah Kamar Mandi dan Kandang ternak hanyut terbawa air yang cukup deras.

Kejadian tersebut diakibatkan pondasi tanah yang berada ditepi sungi  tergerus air hingga mengakibatkan longsor, dan tidak ada korban jiwa, ujar Kapolsek Muntialn AKP Mudiyanto, SH.

Kemudian Tanah longsor juga terjadi Wilayah Kajoran sekitar pukul 22.30 wib di Dusun Mangundadi Rt 05 Rw 1 Ds Krinjing Kecamatan Kajoran telah terjadi tanah longsor sehingga menimpa dinding rumah bagian belakang dan  menjebol dinding tembok milik warga bernama Haryoko(33th) Swasta, untuk meringankan bewban masyarakat Personil Polsek Kajoran telah bersama warga dan Relawan telah melaksanakan kerja bhakti evakuasi tanah yang meninpa rumah penduduk, tegas AKP Haris gunardi Kapolsek Kajoran.

Dengan adanya kejadian tersebut Kapolres Magelang melalui Kepala Bagian Operasi Kompol Ngadiso mengatakan bahwa hujan yang turun ahkir ahkir ini untuk lebih di waspadai karena pemukiman penduduk sebagian besar berada di lereng penggunungan, dan dilalui sungai besar yang berhulu dari Gunung merapi dan merbabu serta Sumbing, maka bencana alam terutama tanah longsor dan banjir setiap saat bisa terjadi, ujar Ngadiso.

Guna meringankan penduduk yang terkena musibah di perintahkan personil Polsek untuk ikut bahu membahu bersama BPBD Kabupaten Magelang, Relawan dan Masyarakat untuk membantu membersihkan tanah longsoran tersebut, dan apabila memerlukan tambahan tenaga telah di persiapkan tenaga dari Dalmas dan personil yang tergabung dalam tim Penanggulangan Bencana Alam Polres Magelang, Katanya.

Dan dihimbau kepada warga masyarakat yang bermukim di lereng pegunungan dan pinggir sungai untuk meningkatkan kewaspadaan apabila terjadi bencana sewaktu waktu.

Penulis : Wahyu Humas Res Magelang.

  • Berita Terkait

  • Leave a Reply



  • Pejabat Teras

  • Sosial Media




  • Artikel Terbaru

  • PETA

  • HUBUNGI KAMI

    POLRES MAGELANG
    Jl. Soekarno Hatta (Jl. Letnan Tukiyat) No. 7
    Kota Mungkid Magelang.
    Polres Magelang.
    No Telepon (0293) 788787
  • STATISTIK PENGUNJUNG

    • 0
    • 334
    • 465
    • 3,287
    • 14,764