December 26th, 2016   Berita Terbaru Add New

Pakisimg-20161226-wa0095, tribratanewspolresmagelang.com _Laka tunggal telah terjadi di jalan Magelang- Salatiga km 19 tepatnya tanjakan Dusun Slumutan Pakis, Magelang. Senin,26/12/2016.

Bus Wisata PT 99 Murafa Jogyakarta dengan Nopol AB 7799 BS, yang membawa rombongan wisata berjumlah 48 orang, warga mancasan Wiro Brajan rt 40/9 Jogjakarta sehabis melakukan wisata di Kopeng Semarang.sekitar jam.16.30 wib.

Bus dikemudikan oleh Haryono (45 th) Sopir, warga Wirosaban., Kelurahan Sorosutan Kecamatan Umbul harjo, Kota Yogyakarta, saat itu bus melaju dari arah Kopeng menuju Magelang

Kasat lantas polres Magelang Ajun Komisaris Polisi Didik Dewantara, SIK, SH, dalam keterangannya mengatakan bahwa Sopir Bus memberi tahu keneknya kalau rem tidak berfungsi atau blong dan berusaha menghentikannya kendaraanya dengan menurunkan gigi prasneling dan handel rem tangan namun kendaraan tetap melaju.

Betepatan dengan itu juga didepannya melaju kendaraan lain yang tidak dikenal, mau mendahuli kendaran tersebut namun didepan kondisi jalan menikung, sehingga kendaraan keluar badan jalan menabrak empat patok pengaman jalan, Kendaraan bisa berhenti setelah menabrak dua pohon maoni sehingga badan bus terguling masuk jurang pinghir jalan dengan kedalaman kurang lebih 14 meter, kata Didik.

Dalam kejadian kecelakaan tersebut mengakibatkan dua orang penumpang mengalami luka berat dan 12 orang luka ringan.
Korban luka luka selanjutnya di bawa ke rumah sakit masing masing dirawat di RST Dr. Soejono Magelang Haryono (45 th) Sopir Bus mengalami luka pada lengan kiri memar, kepala atas sobek, kepala bagian belakang sobek, Lilis Sri Rahayu 48( th) luka kepala belakang memar, lengan kiri memar, pundak kiri lecet , Dian Listianto(10th) , luka bibir sobek, tangan kanan lecet,Wagirah (48 th), luka bibir lecet, kepala belakang memar,. alamat kelurahan Wirobrajan Yogyakarta.

Kemudian dirawat di RSUD Tidar Magelang Wawan, (56th), Dafirah 33 tahun, Leo Sanjaya ( 30 th).

Sedangkan Dirawat RSJ Prof DR. Soerojo Magelang, Riyantiningsih, (43 th), Sri Waras, (47 th

Dan dirawat di RSI Sth)den Magelang.Alafardo, Talita Nadif Ellia, Widodo Saputro, Nurbasyanto, Purnowati,
Sedangkan lima korban luka ringan lainya rawat jalan.

Dengan kejadian kecelakaan Bus Pariwisata ini Kasat Lantas berharap kepada perusahaan armada untuk selalu cek kesiapan laik jalan kepada kendaraannya fungsi rem maupun lainnya, utamakan keselamatan amati jalur yang akan dilalui berwisata, sepertinya jalur Magelang kopeng merupakan jalur yang naik turun maupun berkelok, pungkas AKP Didik Dewantara SIK,SH.

Sedangkan Kapolsek Pakis Magelang ketika dilokasi kejadian bersama anggotanya untuk ikut evakuasii korban mengatakan bahwa jalur tersebut memang rawan kecelakaan sehingga pengemudi melalui jalur ini harus ekstra hati hati dan kondisi kendaraan tetap laik jalan, ujar AKP Sukirman.

Kemudian ia mengatakan bahwa guna menekan angka kecelakaan, beberapa hari yang lalu ia bersama anggota Polsek Pakis telah melakukan korve dengan membersihkan dan membetulkan rambu rambu lalulintas sepanjang jalur Magelang salatiga, dengan maksud untuk mempermudah pengeliatan pengemudi saat melalui jalan tersebut.

Untuk kejadian ini telah di tangani oleh unit laka lantas satlantas Polres Magelang, dan telah menghubungi pihak keluarga korban.

Penulis : Wahyu Humas Res Magelang.

  • Berita Terkait

  • Leave a Reply



  • Pejabat Teras

  • Sosial Media




  • Artikel Terbaru

  • PETA

  • HUBUNGI KAMI

    POLRES MAGELANG
    Jl. Soekarno Hatta (Jl. Letnan Tukiyat) No. 7
    Kota Mungkid Magelang.
    Polres Magelang.
    No Telepon (0293) 788787
  • STATISTIK PENGUNJUNG

    • 0
    • 334
    • 465
    • 3,287
    • 14,764