December 7th, 2015   Berita Terbaru Add New

radikalisme 1Tribratanewspolresmagelang.com –  Kasat Intel Polres Magelang,  Kodim 0705 Magelang dan Ketua MUI Kab Magelang , mrnymapaikan Sosialisasi Penanggulangan Faham Radikalisme di Kabupaten  Magelang, yang di adakan oleh Kesra Kabupaten Magelang.

Di Gedung Kantor Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang ( 7/12 ), dilangsungkan Pembukaan Sosialisasi Penanggulangan Faham Radikalisme di Kabupaten  Magelang, Peserta terdiri dari Dinas instansi, Muspika, Perangkat Desa, Pengurus takmir Masjid.

Kasat Intelkam Polres Magelang AKP WARSITADI , dalam kesempatan tersebut mengatakan Terkait perkembangan situasi global tentang adanya paham radikalisme utamanya ISIS yang mana sudah banyak warga Indonesia yang tergabung di dalam ISIS.

Upaya kita setiap saat selalu menanggulangi dan deradikalisasi adanya paham radikalisme,bahwa Pola rekrutmen kelompok teroris melalui pergi ke Afganistyan/negara timur tengah, jaringan keluarga.

Pelaku teroris dengan sasaran pejabat Negara, Polri dan TNI serta obyeknya, hotel, mall dan tempat ibadah.

Dalam Upaya penanggulangan yang dilakukan, Polres Magelang dengan melalui pemasangan spanduk, Sosialisasi ,mengajak intansi terkait untuk menggiatkan trobosan trobosan penanggulangan radikalisme tersebut.

Menjelang perayaan natal dan tahun baru, biasanya banyak ancaman,di mohon antisipasi kepada warga pendatang dan warga asing untuk didatakan dan dilaporkan, itulah salah satu cara mempersempit gerak terorisme.

radikalisme 2Kabag Kesra Kabupaten  Magelang H. BAMBANG MARJONO, S.Sos, kegiatan ini  dimaksudkan agar memahami dan bisa menghindari faham radikal serta membantu mensosialisasikan kepada masyarakat.

Sosialisasi faham radikalisme dari Ketua MUI Kabupaten Magelang AFIFUDIN, LC yang menyampaikan bahwa  faktor – faktor pemicu radikalisme instalilitas negara – negara timur tengah, terbentuknya kesadaran kolektif melawan musuh Islam tanpa diimbangi pengetahuan dan strategi,  keyakinan politik keagamaan, kekeliruan memaknai kafir dan kekeliruan memaknai jihad, gerakan jihad di Indonesia.

Adanya keterkaitan Jemaah Islamiyah dengan Al Qaeda, presektif kafir dalam Al Qur’an dikelompokan dalam lima pengertian yairu kafir nikmat, kafir kitabi, kafir millah, kafir zhimmi dan kuffar, cara menanggulangi radikalisme terdapat beberapa langkah yaitu konsep jihad dan terorisme penting disosialisasikan kepada masyarakat, masyarakat perlu mendapat panduan tentang apa itu radikal, masyarakat perlu jawaban mengapa mereka mengajarkan jihad, adanya fatwa MUI dan menggalakkkan ibadah di masjid – masjid dan mushola agar terhindar dari berbagai tindakan kekerasan yang mengatasnamakan agama.

Danramil salaman Kapten Bambang menguraikan Tugas pokok TNI berdasarkan UU RI No 34 tahun 2004 tentang penegakan kedaulatan Negara Republik Indonesia serta membantu Kepolisian dalam Kamdagri.

Wilayah Magelang merupakan wilayah yang strategis dalam adanya spionase teroris maka perlu diwaspadai.

Terminologi radikal dibedakan radikal kanan, radikal kiri dan radikal lainnya,Radikal yaitu suatu paham yang dianut oleh sekolompok orang yang menginginkan perubahan pembaharuan sosial dan politik.

Radikal ada dua extrim kiri dan extrim kanan.( keyakinan dan politik ).

( Wahyu Humas Res Magelang )

  • Berita Terkait

  • Leave a Reply



  • Pejabat Teras

  • Sosial Media




  • Artikel Terbaru

  • PETA

  • HUBUNGI KAMI

    POLRES MAGELANG
    Jl. Soekarno Hatta (Jl. Letnan Tukiyat) No. 7
    Kota Mungkid Magelang.
    Polres Magelang.
    No Telepon (0293) 788787
  • STATISTIK PENGUNJUNG

    • 2
    • 72
    • 384
    • 3,193
    • 14,807