October 28th, 2016   Berita Terbaru Add New

aborsi

Tribratanewspolresmagelang.com – Seorang Bidan dengan berinisial MI alias R (48 th ) bertempat tinggal Tempuran Magelang ditangkap Polisi Polres Magelang, karena membantu menggugurkan kandungan seorang wanita bernama Riyati (27th ) Warga Tegalrejo, Magelang, yang  mengakibatkan Korban meninggal dunia, Kejadian  (27/2/106)  bertempat di Klinik “ Pratama  Fajar “ Mertoyudan Magelang.

Kapolres Magelang melalui Wakapolres Kompol Heru Budiharto,SH,MIK yang di dampingi Kasat Reskrim dan Kasubbag Humas ketika memberikan keterangan kepada wartawan media massa mengatakan bahwa Satuan Reskrim Polres Magelang hal ini Kanit PPA telah melakukan penangkapan dan penyidikan terhadap Bidan berinisal MI alias R ( 48th) serta  tiga tersangka lainya masing masing B( 45th) Laki laki , Sopir, Tegalrejo Magelang, NU alias M Permpuan ( 27th ) Perempauan, Perawat, Alamat Mertoyudan, dan J alias BT ( 53th) Dagang,alamat Tegalrejo Magelang. ( Jumat, 28/10/2016)

Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak  <PPA> Sat Reskrim Polres Magelang Aiptu Isti Wulandari mengatakan kronologis kejadian tersebut bahwa Sekitar bulan Januari 2016 ,Korban  Riyanti mengirim SMS kepada tersangka B yang merupakan pacaranya menerangkan kalau dirinya hamil, dan berniat menggugurkan kandungannya karena merasa malu, namun saat itu pemintan korban di tolak oleh tersangka.

Selanjutnya sekitar tanggal 27 Februari 2016,  Korban datang kerumah tersangka J alias BT minta tolong untuk mencarikan orang yang bisa menggugurkan kandungannya, selanjutnya J menanyakan kepada tersangka NU alias M yang profesi sebagai perawat, kebetulan baru pulang ke rumah orang tuanya dimintai bantuannya untuk menggugurkan kandungan temannya, selanjutnya oleh NU di tanyakan kepada tersangka M alis R yang merupakan Bidan apakah bisa membantu.

M alias R mau membantu dengan perjanjian dengan harga obat Rp. 1.000.000,- < Satu Juta Rupiah>, biaya jasa medis berdasarkan usul NU di setandarkan Rp. 2.500.000,-<Dua Juta lima ratus rupiah>, untuk tersangka J alias BT Rp. 300.000,- dan atas dasar kesepakatan sisa obat di bagi dua NU dan M.

Sekitat jam 15.00 wib (27/2) bertempat di Klinik PF Mertoyudan Magelang pelaksanaan pengguguran dilaksanakan dengan menggunakan obat Cytotek 3 butir dimasukan dalam vagina korban, dan menyuruh tiduran sekitar 15 menit, selanjutnya oleh NU korban di kasih obat Metergin sebanyak 10 butir agar di minum , dan setelah pulang minum sebanyak tiga kali.

Sekitar jam 23 .wib Korban SMS tersangka M dan NU mengatakan kalau sudah kelaur namun  ari arinya belum keluar, dan oleh tersangka NU menyuruh mebawa ke RS untuk penanganan medis .

Selanjutnya pagi harinya korban di periksakan di Dokter Praktek Dr. H. SpOG, korban kemudian di rujuk ke RSU Tidar Magelang , oleh Rumah sakit di sarankan langsung dibawa ke Rumah Sakit Budi Rahayu, hingga meninggal.

Dengan meninggalnya Riyati yang dianggap tidak wajar selanjutnya oleh anaknya dilaporkan ke Polres Magelang guna penyelidikan lebih lanjut guna diambil tindakan  secara hukum.

Kasubbag Humas Polres Magelang AKP Santoso menambahkan dengan perbuatannya tersebut kempat tersangka kini ditahan di rutan Polres Magelang guna penyidikan lebih lanjut, dan di jerat dengan perkara  melakukan aborsi tanpa ketentuan yang berlaku atau dengan sengaja menggugurkan kandungan seorang wanita dengan persetujuannya mengakibatkan matinya wanita tersebut, sebagimana pasal 194 UURI No 36 tahun 2009 tentang kesehatan, yang berbunyi Setiap orang dengan sengaja melakukan aborsi tidak sesuai dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pasal 75 ayat 2  dipidana paling lama 10 tahun, dengan denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,- ( Satu milyard rupiah ) atau pasal 348 (2) KUHP,yang berbunyi  Barang siapa dengan sengaja menggugurkan kandungan atau mematikan kandungan seseorang wanita dengan persetujuan nya mengakibatkan matinya wanita tersebut diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun, kata Santoso.

Penulis : Wahyu Humas Res Magelang.

  • Berita Terkait

  • Leave a Reply



  • Pejabat Teras

  • Sosial Media




  • Artikel Terbaru

  • PETA

  • HUBUNGI KAMI

    POLRES MAGELANG
    Jl. Soekarno Hatta (Jl. Letnan Tukiyat) No. 7
    Kota Mungkid Magelang.
    Polres Magelang.
    No Telepon (0293) 788787
  • STATISTIK PENGUNJUNG

    • 0
    • 426
    • 383
    • 3,676
    • 15,217